Webinar merupakan salah satu bentuk adaptasi pustakawan dan sejumlah elemen masyarakat lainnya terhadap pandemi Covid-19. Kebutuhan terhadap informasi terkait kepustakawanan membuat seminar tetap diadakan dengan memanfaatkan teknologi informasi. Salah satu media yang banyak digunakan ialah Zoom Meeting karena banyaknya kemudahan yang diberikan kepada penggunanya.
Seperti seminar pada umumnya, webinar juga memiliki peraturan untuk setiap peserta. Salah satu aturan tersebut ialah menggunakan nama asli atau nama yang sesuai dengan formulir pendaftaran. Sebagian bahkan meminta peserta untuk menyertakan nama instansinya. Namun aturan ini kadang tidak ditaati oleh peserta. Ketidaktaatan sebagian bukan didasarkan pada keinginan peserta melainkan karena tidak paham. Padahal jika sudah berada di dalam ruang daring, tidak sulit untuk menaati aturan tersebut.
Penggantian nama akun Zoom Meeting diawali dengan memilih menu Participants pada bagian bawah layar yang akan memunculkan nama seluruh peserta webinar. Cari nama peserta yang berada paling atas dan Selan memilih opsi Rename pada sebelah kanan. Nama akun Zoom selanjutnya dapat disesuaikan dengan aturan yang berlaku pada webinar sehingga panitia tidak perlu mengingatkan berulang kali.
No comments:
Post a Comment